Yuk Simak Tips Berjemur Yang Aman Saat Pandemi

Sering Berjemur di Pantai Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Berbagai cara dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona salah satunya adalah berjemur dibawah sinar matahari. Pasalnya, virus corona akan musnah jika berada dibawah sinar ultraviolet (UV) atau pada suhu panas. Hal ini berdasarkan dari beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa pancaran sinar UV dan suhu panas diatas 56 derajat celcius diklaim mampu membunuh virus seperti SARS, flu burung dan influenza. Berikut simak beberapa tipsnya.

Tips Berdiang Diri Yang Aman

1. Gunakan Tabir Surya Dan Kacamata

Sebelum anda berdiang dibawah sinar matahari maka terlebih dahulu oleskan tabir surya atau sunblock dengan SPF 30 atau lebih pada kulit. Hal itu dilakukan untuk melindungi kulit agar tetap terlindungi dari dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit gosong dan hitam. Bila perlu gunakan kacamata hitam yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet terutama saat sinar matahari sedang terik.

Tips Berjemur Yang Aman corona

Ketika sinar ultraviolet B atau yang biasa dikenal dengan istilah UVB telah masuk ke tubuh maka ia juga membawa provitamin B3 bersama dengan kolesterol dibawah kulit manusia. Provitamin B3 akan membentuk D3, dan vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia. Selain itu vitamin D3 Juga memiliki fungsi lain yaitu mencegah kanker dan penyakit autoimun.

Waktu yang tepat untuk berdiang dibawah sinar matahari adalah saat jam 7 sampai jam 9 pagi. Sedangkan untuk durasinya anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan, biasanya rata-rata adalah sekitar 5 sampai 15 menit. Selain itu jika ingin tetap aman maka sebaiknya anda melakukan aktivitas ini di sekitar lingkungan rumah untuk menghindari keramaian.

Hindari untuk berdiang dibawah sinar matahari terlalu lama karena dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh maka aktivitas satu ini bisa anda lakukan minimal sebanyak tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi juga tidak ada larangan jika anda ingin melakukannya setiap hari namun dengan durasi yang sewajarnya.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi. Ketika anda sudah merasa kepanasan atau lemas dan berkunang-kunang saat berdiam diri terlalu lama maka sebaiknya anda segera pindah ke tempat yang lebih teduh untuk mendinginkan tubuh agar terhindar dari stroke. Jangan pernah memaksakan jika kondisi fisik sudah tidak memungkinkan karena hal itu dapat berakibat fatal bagi anda.

Tips Berjemur Yang Aman

Sebelum memulai aktivitas ini, sediakan air putih secukupnya untuk anda minum saat sedang istirahat. Gunakan peralatan minum sendiri dan jangan pernah berbagi dengan orang lain. Menggunakan peralatan makan atau minum sendiri juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terpaparnya virus Corona. Oleh karena itu pemerintah juga menyarankan hal tersebut.

3. Terapkan Physical Distancing

Jika keadaan mengharuskan anda untuk berdiam di luar lingkungan rumah maka jangan lupa selalu menerapkan physical distancing. Hindari berjemur di tempat yang ramai orang dan selalu jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi resiko terpaparnya virus corona. Meskipun anda hanya sekedar berdiang dibawah sinar matahari maka tetap gunakan masker. Hal itu berlaku jika kegiatan dilakukan diluar lingkungan rumah.

Salah satu upaya untuk mencegah terpaparnya virus corona maka anda harus pandai menjaga diri anda sendiri dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tak hanya itu, pola hidup sehat juga perlu anda terapkan agar sistem kekebalan tubuh selalu terjaga. Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat ingin berdiam dibawah sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *