Asuransi, Membebani atau Melindungi?

Membebani atau Melindungi AXA Mandiri

Dewasa ini, asuransi merupakan salah satu produk yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Asuransi secara umum dapat didefinisikan sebagai perlindungan yang diberikan oleh pihak penyedia asuransi kepada para pemegang asuransi.

Perlindungan tersebut difokuskan pada perlindungan finansial mengingat saat ini kondisi finansial merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan masyarakat. Lantas, apa saja yang termasuk dalam kebijakan asuransi? Secara umum, pemegang asuransi dengan pihak penyedia asuransi memiliki sebuah perjanjian yang mengingat keduanya. Perjanjian tersebut disebut dengan nama polis asuransi. Perjanjian asuransi mengatur besarnya biaya yang harus dibayarkan oleh pemegang asuransi yang disebut dengan premi. Kebijakan besarnya premi ini diatur oleh setiap lembaga asuransi dan disesuaikan dengan paket yang dipilih oleh para pemegang asuransi. Sehingga, setiap pemegang asuransi akan membayarkan premi dengan besaran berbeda. Ketentuan lain dari premi asuransi adalah waktu pembayaran. Para pemegang asuransi bisa membayarkan premi dalam kurun waktu bulanan, 6 bulan, maupun tahunan. Hal ini berkaitan dengan polis asuransi yang telah ditandatangani kedua pihak.

Asuransi, Membebani atau Melindungi AXA Mandiri

Lantas, bagaimana tanggung jawab dari pihak penyedia asuransi? Pada dasarnya, pihak penyedia asuransi akan memberikan bantuan finansial kepada para pemegang premi ketika mereka mengalami suatu kejadian yang membuat kerugian finansial cukup besar. Pihak asuransi akan membayarkannya apabila pemegang premi mampu memenuhi syarat yang telah ditetapkan serta mengajukan klaim asuransi. Besarnya dana yang bisa diklaim ini bergantung pada kebijakan pihak penyedia asuransi serta perjanjian polis asuransi. Beberapa asuransi yang memiliki kredibilitas baik tentu akan menyediakan dana klaim yang rasional. Akan tetapi, banyak lembaga asuransi yang memotong dana klaim untuk kepentingan lembaga. Kondisi di atas memunculkan pertanyaan bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan asuransi. Mereka mulai mempertanyakan apakah sebenarnya memiliki sebuah asuransi itu sebuah beban atau bentuk perlindungan.

AXA Mandiri, Membebani atau Melindungi

Secara umum, asuransi bisa diibaratkan sebagai sebuah langkah preventif dan bentuk tabungan yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan banyaknya resiko dan ketidakpastian yang bisa menimpa masyarakat dan mengakibatkan kerugian finansial yang tidak sedikit seperti sakit, kecelakaan, meninggal dunia, kebakaran, kerusakan kendaraan, kehilangan benda berharga, dll. Bagi sebagian masyarakat yang memiliki tabungan berlebih mungkin bisa mengatasinya dengan cepat. Akan tetapi, bagi masyarakat yang memiliki tabungan terbatas tentu akan merasa kesulitan untuk mengembalikan kerugian. Dalam kondisi ini, asuransi bisa digunakan sebagai bentuk perlindungan terhadap kerugian tersebut. Hal ini dikarenakan pihak penyedia asuransi akan membayar kerugian tersebut dengan menggunakan premi yang telah dibayarkan oleh pemegang asuransi. Oleh karena itu, sebagian besar uang yang dikeluarkan sebagai premi akan kembali lagi terhadap pemegang asuransi. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa asuransi menjadi salah satu bentuk perlindungan bagi kondisi finansial masyarakat. Salah satu lembaga asuransi yang terpercaya adalah AXA Mandiri.

mengajak nasabah AXA Mandiri

Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh lembaga asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, asuransi pendidikan, asuransi hari tua, asuransi syariah, asuransi umum, asuransi aset, dan corporate solution. Salah satu produk asuransi terbaik dari AXA Mandiri adalah asuransi pendidikan. Produk ini diluncurkan sebagai jawaban dari kebutuhan para orang tua yang ingin memberikan akses pendidikan terbaik kepada anak mereka. Ada beberapa paket yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan yaitu Asuransi Mandiri Tabungan Rencana, Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, Asuransi Mandiri Elite Plan, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *