Apakah AC Aman Tuk Bayi?

ac 1 pk terbaik Merk AC yang Bagus untuk Bayi

Beberapa tahun yang lalu, masyarakat di Indonesia ketika kepanasan paling hanya mengandalkan kipas angin untuk menghalau rasa panas yang menyerang. Tetapi kini dengan pesatnya perkembangan teknologi, ada yang disebut dengan AC alias Air Conditioner guna meredakan rasa panas yang terasa. Meski awal kemunculan benda ini dipasarkan dengan harga yang tinggi, tetapi kini sudah banyak AC yang sangat amat terjangkau sehingga ramah di dompet.

Tetapi kemudian muncul kekhawatiran atas penggunaan AC, terutama bagi para ibu yang memiliki bayi di rumahnya. Pasalnya ada hasil buang dari AC yang dianggap tidak baik bagi lingkungan, sehingga memunculkan dugaan yang tidak baik pula bagi bayi ketika sering menggunakan AC di rumah.

AC Aman Asal Sesuai Ketentuan

Sebagian besar ahli berpendapat bahwa penggunaan AC di rumah yang berisi bayi maupun balita pada dasarnya aman-aman saja. Tetapi dengan catatan tetap memperhatikan beberapa hal krusial misalnya seperti gunakan AC 1 pk saja. Dalam memilih AC 1 pk tersebut pun sebaiknya memilih ac 1 pk terbaik agar semakin tenang dari kekhawatiran tadi.
Selain tentang AC 1 pk, hal-hal lain yang kiranya perlu diperhatikan agar penggunaan AC tetap aman untuk bayi yaitu sebagai berikut:

ac 1 pk terbaik

1.Atur Suhu AC yang pas bagi bayi

Untuk membuat penggunaan AC di rumah yang berisi bayi tetap aman, sebaiknya jaga agar suhu AC yang diatur tidak terlalu dingin. Angka 23 derajat hingga 25 derajat celcius dianggap merupakan angka yang paling tepat untuk membuat suhu ruangan tidak terlalu dingin untuk si bayi tetapi juga tetap sejuk bagi orang dewasa.

2.Bersihkan AC secara rutin

Jangan lupa untuk secara rutin membersihkan AC, terutama apabila AC yang dimaksud berada di kamar si kecil. Pasalnya debu-debu yang tertempel pada filter alias penyaring AC dapat menimbulkan masalah yang cukup merepotkan. Sebaiknya pembersihan AC dilakukan oleh pihak profesional yang biasa membersihkan AC untuk hasil yang optimal.

3.Ruangan tempat AC diletakkan harus memiliki ventilasi yang cukup

Bukan rahasia lagi jika mekanisme penyejuk udara yang disebut AC ini adalah melakukan sirkulasi antara udara panas dan udara dingin. Itulah sebabnya jalan bagi mekanisme sirkulasi udara tersebut haruslah lancar, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan ventilasinya. Jangan sampai ruangan ber-AC dibuat amat sangat rapat seperti yang dilakukan banyak orang, karena hal tersebut justru tidak baik bagi si kecil maupun siapa saja yang menikmati udara dari AC yang sirkulasinya tidak lancar itu.

4.Tidak merokok di ruangan ber-AC

Sebetulnya aturan atau minimal himbauan untuk tidak merokok di ruangan ber-AC sudah sangat umum diketahui masyarakat luas. Apalagi pada ruangan ber-AC yang di dalamnya terdapat bayi, tentu sangat tidak bijak rasanya jika tetap ada yang merokok. Pasalnya asap rokok yang dihasilkan jelas akan masuk ke dalam mekanisme sirkulasi dari AC seperti yang dijelaskan di atas.

ac 1 pk terbaik ini

Kipas Sebagai Alternatif AC

Di atas telah dijelaskan bahwa penggunaan AC untuk bayi masih aman-aman saja selama memperhatikan hal-hal seperti memilih ac 1 pk terbaik, mengatur suhu yang tepat, rutin membersihkan ac dan tidak merokok pada ruangan yang dimaksud. Tetapi tentu tetap saja ada orang tua yang masih khawatir, sehingga lebih memilih menggunakan kipas angin saja. Hal itu tentu merupakan hal mereka dan sah-sah saja dilakukan, tetapi yang harus diingat adalah jangan sampai mengarahkan kipas secara langsung ke tubuh bayi karena akan menimbulkan bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *