Agar Tubuh Tetap Sehat, Berikut Olahraga Yang Aman Dilakukan Selama Pandemi

Olahraga Yang Aman Olahraga Cardio

Semenjak organisasi kesehatan dunia (WHO) menghimbau kita untuk melakukan physical distancing membuat banyak sekali yang berubah dari cara kita hidup sehari-hari. Mulai dari melakukan proses belajar mengajar, bekerja dan beribadah di rumah. Meskipun sebagian besar kegiatan dilakukan dirumah bukan berarti anda bisa bermalas-malasan. Berikut beberapa olahraga yang aman dilakukan selama pandemi.

Olah Fisik Yang Aman Dilakukan Selama Pandemi

1. Yoga

Olah fisik yang aman dilakukan saat pandemi adalah yoga, karena anda tidak perlu keluar rumah dan hanya membutuhkan tempat yang nyaman. Yoga sangat efektif untuk peregangan otot hingga membakar lemak yang ada dalam tubuh. Gerakan yoga juga bisa membuat anda lebih tenang, rileks dan santai. Sehingga segala kecemasan akibat wabah yang tak kunjung usai ini bisa berkurang sedikit.

Olahraga Yang Aman manfaat yoga

Beberapa manfaat yoga lainnya adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, serta memperkuat energi dan vitalitas. Anda bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di Internet. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak banyak, anda hanya perlu menyiapkan matras khusus yoga sebagai alas, kemudian mengikuti instruktur yoga yang anda dapat dari Internet.

2. Senam Aerobik

Jenis olah fisik yang aman dilakukan saat pandemi selanjutnya adalah dengan melakukan senam aerobik. Selain tidak membutuhkan alat apapun, senam juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga agar olahraga makin semangat. Anda bisa melakukan gerakan seperti zumba atau gerakan senam seperti pada umumnya mulai dari kepala hingga kaki. Gerakan senam dapat membuat tubuh anda lebih bugar, berkeringat, sirkulasi darah lancar hingga meredakan depresi.

Tak hanya itu, manfaat dari senam aerobik yang lainnya yaitu baik untuk kesehatan jantung, menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit berbahaya, meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat mengurangi stres dan rasa cemas saat pandemi. Sama seperti yoga,anda juga bisa mengikuti gerakan senam dari instruktur yang banyak tersedia di Internet beserta lagu yang bersemangat.

3. Kardio

Bagi anda yang ingin membakar lemak paling efektif, maka olah fisik yang aman saat pandemi adalah kardio yang bisa menjadi pilihan anda. tidak perlu datang ke tempat gym, anda bisa melakukan kardio sendiri di rumah. Biasanya kardio dilakukan dengan cara treadmil, gowes di sepeda statis, atau dengan bantuan alat kardio lainnya.

Jika anda memiliki alat tersebut di rumah, mungkin akan lebih baik. Akan tetapi jika anda tidak memiliki alat tersebut maka anda bisa melakukan kardio dengan lompat tali atau memanfaatkan hal-hal yang ada di rumah. Anda bisa melakukan kardio setiap hari atau setidaknya minimal 4 kali dalam satu minggu dengan durasi sekitar 30 menit hingga satu jam.

4. Push-Up

Tak hanya kardio atau senam, olah fisik yang simple dan aman dilakukan saat pandemi adalah push-up. Hal itu dikarenakan anda tidak memerlukan alat bantu apapun hingga area yang luas. Push-up dapat membantu anda memperkuat tubuh seperti lengan, dada dan tubuh bagian atas. jika anda rutin melakukan push-up setiap hari, minimal 10 kali untuk wanita dan 30 kali untuk pria.

Olahraga Yang Aman

Manfaat push-up jika dilakukan secara rutin maka dapat menguatkan otot bahu, meningkatkan kekuatan dan massa otot, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia, dan memperbanyak testosteron dalam tubuh. jika anda melakukan secara rutin dan teratur maka hasilnya juga bisa cepat anda rasakan.

Jika masih ragu maka anda juga bisa bertanya pada dokter mengenai aktivitas fisik atau kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh untuk dilakukan selama masa pandemi seperti saat ini. Perlu diingat, jangan sampai masa-masa pandemi membuat anda jadi malas-malasan. Lakukan olah fisik dan terapkan pola makan yang sehat dan tidur cukup agar sistem imun tetap kuat untuk melawan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *