5 Penyakit Lain yang Dapat Memperparah Kondisi Pasien Covid-19

Penyakit Lain pandemi itu

Adanya virus Covid-19 yang pertama kali berasal dari Wuhan ternyata semakin meluas hingga ke seluruh dunia. Bahkan Indonesia juga menjadi salah satu lokasi yang terkena dampak Covid-19. Jumlah korban yang menjadi pasien Covid-19 di Indonesia terhitung cukup banyak. Terdapat beberapa penyakit lain yang bisa memperburuk kondisi pasien Covid-19, bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Penyakit Penyerta yang Bisa Memperburuk Pasien Covid-19

1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menyebabkan pasien Covid-19 semakin parah. Penyakit satu ini ditandai dengan peningkatan kadar gula di dalam darah. Penyakit satu ini bisa merusak beberapa organ penting mulai dari ginjal, jantung hingga pembuluh darah. Tidak hanya itu, penyakit satu ini juga bisa merusak fungsi kerja mata. Tercatat sekitar 35 persen orang pasien Covid-19 meninggal dunia karena juga menderita penyakit diabetes.

Penyakit Lain pandemi ini

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan kinerja organ jantung. Penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan pada pembuluh darah, yang akhirnya mengganggu aliran darah menuju ke seluruh tubuh. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi ketika tekanan darahnya melebihi 140/90 mmHg. Pasien Covid-19 yang menderita penyakit satu ini lebih beresiko mengalami kematian.

Berdasarkan pemaparan para ahli, setiap orang memiliki resiko terkena penyakit diabetes. Semakin meningakatnya usia seeseorang maka resiko terkena penyakit satu ini juga semakin meningkat. Kebanyakan orang yang terkena penyakit hipertensi berusia di atas 60 tahun. Bahkan jumlah penderita penyakit hipertensi dari kalangan orang lanjut usia mencapai 60 persen. Sedangkan 34,1 persen menyerang kalangan orang dewasa.

3. Penyakit Paru Paru

Penderita penyakit paru paru wajib waspada, mengingat mereka sangat beresiko apabila terpapar virus Covid-19. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan paru paru antara lain asma, PPOK, hingga tuberkulosis. Virus Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh akan merusak organ paru paru. Berdasarkan juru bicara pemerintah khusus penanganan Covid-19, jika faktor penyakit yang berhubungan dengan paru paru bisa menyebabkan kematian.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit lain yang juga memperburuk kondisi pasien Covid-19 adalah demam berdarah dengue. Apalagi penyakit satu ini juga pernah menjadi salah satu kasus yang cukup parah dan bisa menyerang semua kalangan. Musim pancaroba penyakit satu ini bisa semakin buruk apalagi jika disertai dengan adanya virus Covid-19. Oleh karena itu, kondisi ini perlu diwaspadai lebih lanjut karena gejalanya juga tidak jauh berbeda.

Penyakit Lain pandemi DBD

Berdasarkan pernyataan salah satu dokter yang menjadi satgas Covid-19, bahwa ia menemukan gejala penyakit DBD ini juga dialami oleh pasien Covid-19. Ia mengaku jika pasiennya mengalami beberapa gejala seperti demam berdarah dengan gejala trombosit rendah dan pegal linu. Kendati demikian, beberapa hari kemudian pasien ini sembuh. Namun, seminggu setelahnya ia mengalami demam dan setelah dites ternyata positif Covid-19.

5. Penyakit Jantung

Penyakit yang berhubungan dengan organ jantung ternyata bisa memperparah kondisi pasien Covid-19. Sistem kekebalan tubuh yang semakin rendah bisa menyebabkan peradangan yang akhirnya memicu serangan jantung hingga stroke. Bukan tidak mungkin jika pasien Covid-19 yang menderita penyakit ini akan meninggal dunia. Oleh sebab itu, bagi anda yang sedang menderita penyakit satu ini perlu waspada agar tidak sampai terpapar virus Covid-19.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan seorang pasien Covid-19 mengalami kematian. Tentunya hal ini didasarkan pada para korban yang meninggal dunia akibat terpapar virus Covid-19. Kebanyakan orang yang menderita penyakit kronis tersebut memang berasal dari kalangan orang tua. Oleh karena itu, penderita penyakit tersebut harus lebih waspada dengan melakukan upaya untuk meminimalisir resiko terpapar virus Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *