5 Fungsi Utama Asuransi yang Wajib Anda Ketahui

Fungsi Utama asuransi umum

Saat ini tidak banyak orang yang menyadari tentang pentingnya asuransi. Padahal, ada banyak fungsi asuransi dengan manfaatnya dapat dirasakan di kemudian hari. Untuk itu, apabila Anda belum memiliki asuransi tersebut maka tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja fungsi asuransi umum jika memiliki asuransi tersebut.

Apa Saja Fungsi Utama Asuransi?

Pada dasarnya ada banyak fungsi yang dapat diperoleh saat seseorang memiliki asuransi. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut lebih lanjut. Di bawah ini merupakan fungsi utamanya yang bisa Anda ketahui:

1.Jaminan yang dibayar dengan perlindungan

Pada dasarnya fungsi utama dari asuransi adalah memberikan keseimbangan. Baik itu antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan yang akan diberikan kepada pemilik nantinya. Terlebih saat pemilik asuransi mengalami peristiwa yang merugikan. Dengan begitu, mereka akan memperoleh ganti rugi yang seimbang. Yakni sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Fungsi Utama asuransi umum mengenal asuransi umum

Saat ini sendiri pertanggungjawaban yang diberikan kepada pihak asuransi memang berbeda-beda. Hal tersebut tidak lain karena setiap nasabah tentu akan membayar dengan biaya yang berbeda-beda pula.

2.Dapat melindungi seseorang dari kebangkrutan

Saat ini ada banyak jenis asuransi yang bisa dipilih. Hal ini berarti keberadaan asuransi tersebut tidak hanya dapat digunakan dalam hal pendidikan ataupun kesehatan saja. Akan tetapi masih ada banyak jenis asuransi yang bisa seseorang gunakan sesuai dengan kebutuhan mereka. Contohnya adalah asuransi untuk perlindungan usaha.

Adapun fungsi dari asuransi tersebut adalah dapat melindungi pengguna serta menghimpun dana nasabah. Nantinya asuransi yang dibayarkan tersebut juga dapat melindungi seseorang dari adanya kebangkrutan.

3.Dapat dijadikan sebagai investasi

Siapa yang menyangka jika asuransi juga dapat dijadikan sebagai investasi. Oleh karena itu, jangan sampai Anda meremehkan keberadaannya. Pasalnya, dana yang dihimpun oleh nasabah tersebut nantinya dapat dikembangkan oleh pihak asuransi. Tidak sedikit juga asuransi tersebut dapat diambil kembali pada masa tertentu jika belum diklaim.

Tentu saja, hal tersebut akan memberikan keuntungan dan manfaat tersendiri bagi pemilik nasabah. Dana yang dikebangkan tersebut bahkan dapat digunakan untuk menghemat biaya premi. Dengan begitu, nantinya Anda masih bisa mengambil dana yang sudah terkumpul.

4.Dapat berfungsi mengalihkan risiko

Setiap orang tentu tidak ingin mendapatkan hal yang merugikan ataupun tidak menyenangkan. Hanya saja, dalam hal tersebut tidak ada seorang pun yang dapat menghindarkan diri saat mendapatkan musibah. Terlebih risiko dari musibah yang terjadi tersebut bisa saja beragam dengan dampak yang berbeda satu sama lain. Paling sering adalah berhubungan dengan uang.

Fungsi Utama asuransi umum ini

Akan tetapi apabila Anda memiliki asuransi, maka akan memperoleh hak pengalihan risiko. Dengan begitu, dapat lebih mudah untuk mengajukan klaim ataupun memperoleh ganti rugi saat mengalami kondisi yang merugikan.

5.Memiliki andil dalam perekonomian nasional

Tidak banyak yang mengetahui juga bahwa keberadaan asuransi memiliki andil dalam bidang perekonomian nasional. Keberadaannya bahkan dapat memperbaiki pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, taraf hidup pada masyarakat juga bisa menjadi lebih baik lagi.

Kemudian bagi Anda yang sudah memiliki asuransi, maka tentu saja hal tersebut sudah memiliki peran dalam hal memajukan perekonomian dalam negeri sehingga hasilnya pun tetap bisa dinikmati oleh pemiliknya.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi asuransi yang dapat Anda ketahui lebih lanjut. Dengan melihat beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan seseorang saat mereka memiliki asuransi. Itulah mengapa keberadaannya sangat penting untuk dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *