5 Cara Cegah Stress Di Masa Pandemi Selama Di Rumah Saja

Cegah Stress Di Masa Pandemi olahraga

Informasi seputar virus corona yang semakin bertambah tentu membuat kalut pikiran. Ancaman virus yang cukup tinggi ini mampu membuat seseorang merasa takut untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Mereka akan cenderung takut berlebih dan bisa mengakibatkan stress berkepanjangan. Agar anda tidak mudah khawatir ataupun was was, anda bisa melakukan aktivitas positif yang menyenangkan. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Tepat Cegah Rasa Cemas di Masa Pandemi Selama di Rumah

1 Jauhkan Diri dari Telepon Pintar

Smartphone adalah salah satu sumber kecemasan dan kekhawatiran terhadap informasi seputar pandemi yang sedang meningkat sangat pesat ini. Terlalu banyak mengikuti informasi seputar perkembangan virus justru akan membuat anda semakin panik dan khawatir. Paparan informasi ini juga akan mengganggu kesehatan mental, bahkan tak jarang menimbulkan serangan yang membuat panik.

Cegah Stress Di Masa Pandemi gadget

Oleh karenanya, jangan terlalu banyak mengikuti informasi seputar perkembangan pasien corona. Sebisa mungkin jauhkan diri dari smartphone ataupun media lain yang menyediakan informasi seputar corona. Bila perlu, anda bisa menghapus media sosial sehingga bisa menghilangkan kecanduan anda untuk mengikuti perkembangan virus tersebut. Jika ingin tetap bermain sosial media, maka berilah batasan waktu saat menggunakannya.

2. Berolahraga

Sebuah studi mengatakan jika olahraga sangat bagus untuk mencegah stress atau kesehatan mental. Anda bisa mulai melakukan aktivitas olahraga secara rutin selama di rumah saja. Anda tidak perlu mencari jenis olahraga yang harus dilakukan di rumah. Cobalah untuk membuka Youtube dan mencari tutorial olahraga di rumah seperti bermain zumba. Dengan menggerakkan badan secara rutin, maka tubuh akan merasa rileks dan tidak mudah khawatir.

3. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Berdiam diri di rumah guna memutus rantai penyebaran tentu akan membuat anda berpikir negatif setiap saat. Agar anda tidak melulu diselimuti oleh pikiran negatif, maka anda bisa mencoba untuk menyibukkan diri dengan kegiatan menyenangkan yang membawa aura positif. Cobalah buat kesibukan dengan menyusun jadwal harian yang menyenangkan untuk mengimbangi aktivitas di rumah saja.

Rutinitas dapat menjaga siklus tidur yang tepat serta megimbangi asupan nutrisi dan energi yang dikeluarkan. Cobalah mengawali hari dengan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti masak kue, menonton film, mendengarkan musik ataupun kegiatan seru lainnya. Hindari untuk memulai aktivitas di pagi hari dengan melakukan kegiatan tanggung jawab seperti bersih bersih rumah ataupun kewajiban lainnya.

4. Memainkan Permaian Lawas

Untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja, anda bisa melakukan permainan lawas yang cukup menyenangkan. Permainan seperti puzzle, teka teki silang ataupun sudoku bisa menjadi salah satu sarana untuk mengasah otak . Permainan kognitif tersebut akan melatih kemampuan mengingat, fokus, penalaran dan menjaga otak agar tetap logis. Kegiatan ini juga dapat mencegah munculnya pikiran negatif terhadap hal hal yang belum tentu kejadian.

Cegah Stress Di Masa Pandemi

5.Melatih Mindfulness Saat Panik

Ketika anda dilanda kepanikan, maka cobalah untuk menjalankan praktik berkesadaran atau disebut dengan mindfulness. Latihan ini akan membantu anda untuk menjaga pikiran agar tidak tersesat karena rasa cemas yang menghantui. Cobalah mulai untuk menghembuskan nafas dalam dalam. Setelah jantung mulai rileks, maka perhatikan hal hal yang ada di sekitar anda. Agar merasa lebih tenang, anda bisa mengucapkan dengan keras tentang kegundahan di hati anda.

Banyak sekali kegiatan positif yang bisa anda lakukan selama di rumah agar tidak terlalu overthinking dengan wabah virus yang semakin meluas. Anda bisa melakukan hal hal yang menyenangkan selama di rumah seperti menonton film ataupun bermain musik untuk menghindari rasa khawatir berlebih. Agar anda tetap aman, maka selalu terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker ataupun menjaga jarak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *